Iklan Kumpulan Olahraga

Posisi Pemain Bola Voli || Kumpulan-olahraga || --- Dalam Permainan Voli ada beberapa Posisi pemain yang sangat erat hubungan nya dengan tugas dan tanggung jawab setiap pemain, baik itu posisi bertahan maupun posisi menyerang, bagi sobat yang awam dengan Permainan Voli ini pasti bingung dengan aturan dan posisi-posisi permainan voli ini, Pada kesempatan sebelumnya Kumpulan Olahraga telah membahas tentang Sejarah Olahraga Voli, Teknik, Peraturan permainan pada kesempatan kali ini Kumpulan Olahraga akan membahas tentang Posisi-posisi permainan Bola Voli, beserta tugas dan Rotasi (Perputaran) pemain dalam permainan Bola Voli.
Dalam bentuk Posisi   Pemain Bola Voli ini  terdapat 6 posisi yang berbeda dan memiliki peran dan tugas masing masing Untuk Posisi Nomor satu (1) sering disebut sebagai server (Orang yang melakukan Servis), Posisi dua (2) dan Tiga (4) disebut Spiker dan Posisi tiga (3) disebut Setter (Toser) dan Posisi 5 dan 6 disebut sebagai Defender pada posisi defender ini biasanya diisi Oleh Pemain Bertahan yang disebut sebagai Libero. berikut ini Posisi Pemain Bola Voli beserta tugas-tugas nya :

Posisi Pemain Dan perputaran Posisi Bola Voli

 

1. Posisi-posisi Pemain Bola Voli --- Setter / Toser

Setter/Toser ini adalah Posisi pemain Bola Voli yang berada di Posisi 3, setter/Toser ini bertugas sebagai pengatur serangan Setter ini pada memiliki tanggung jawab mengolah bola dan membuat variasi-variasi serangan untuk menghasilkan point, variasi ini biasanya berfungsi untuk menyulitkan lawan ketika kita melakukan serangan. Kualitas Umpan dan variasi yang bagus menjadi kunci keberhasilan dalam melakukan serangan untuk menghasilkan Point. akan tetapi selain harus mahir dalam merancang serangan seorang setter juga harus menguasai teknik Blocking dan bertahan.

 

2. Posisi-posisi Pemain Bola Voli --- Spiker / Smasher

Posisi-posisi pemain bola voli lain nya adalah Spiker spiker ini memiliki tugas untuk melakukan serangan baik itu dari posisi 2 maupun posisi 4, dalam upaya untuk menghasilkan point seorang spiker harus berkoordinasi dan berkomunikasi dengan setter agar tidak terjadi miss komunikasi yang dapat merugikan team. Akan tetapi disamping harus mengasai Teknik Melakukan Smash yang baik seorang spiker juga harus memiliki kemampuan bertahan yang bagus, karena biasanya seorang Libero hanya bertugas mengcover seorang Quicker (Penyerang dengan Bola Cepat) sedangkan untuk Open Spike harus bertugas menyerang dan bertahan dari posisi belakang.
Spiker menurut umpan yang di berikan di bagi kedalam tiga posisi yaitu Open Spike, Quicker, dan Allround dengan penjelasan sebagai berikut :

 

a. Open Spike.

Open Spike (Penyerang dengan Bola Atas / Tinggi) merupakan posisi penyerangan yang dilakukan pada posisi 4 dan selalu berada di posisi tersebut, seorang Open spike harus memiliki Spike yang keras dan menukik sehingga dapat menghasilkan Point.

 

b. Quicker

Quicker (Penyerang dengan Bola Cepat) merupakan Posisi pemain bola Voli yang biasanya menempati posisi 3 (Jika Setter berada di Posisi Belakang), seoarang Quicker ini bertugas untuk melakukan serangan dengan bola cepat dalam sebuah variasi, untuk menjadi seorang Quicker ini seorang pemain harus memiliki Daya tahan Stamina (Endurance) dan Kelincahan (Agilitas) yang bagus, karena daya jelajah pemain ini cukup luas apalagi ketika melakukan Block (membendung serangan lawan), akan tetapi ketika memasuki posisi 5 untuk quicker biasanya langsung diambil alih oleh libero .


 

c. Allround.

Allround (Penyerang dengan Bola Atas dan Cepat) merupakan Posisi pemain Bola Voli ketika menyerang yang berada di Posisi 2 meski dia telah memasuki posisi 4 seorang allround ini harus kembali ke posisi 2 (Switch) kecuali pada saat lawan melakukan servis, seorang Allround ini memiliki tugas yang kompleks yaitu melakukan serangan dengan bola Atas dan Cepat tergantung variasi serangan yang dirancang setter.

 

3.Posisi-posisi Pemain Bola Voli --- Libero

Libero merupakan Posisi Pemain Voli yang bertugas mengamankan daerah pertahanan bagian belakang, seorang libero harus memiliki kemampuan bertahan (Passing) diatas rata-rata karena dia harus menerima dan mengembalikan serangan yang dilakukan lawan. seorang libero ini biasanya mengganti seorang Quicker, seorang libero tidak diperbolehkan melakukan Spike dan Block karena apabila melakukan hal tersebut maka dinyatakan sebagai pelanggaran dan Point untuk lawan.

 

4. Posisi-posisi Pemain Bola Voli --- Defender 

Defender merupakan pemain yang bertugas sebagai pemain bertahan, ketika lawan melakukan serangan biasanya pemain penyerang yang telah berada di posisi 5,6 dan 1 di gantikan oleh seorang pemain bertahan.

 

Posisi-posisi Pemain Bola Voli --- Perputaran Pemain 

Perputaran pemain dilakukan ketika terjadi perpindahan bola Servis, akan tetapi team yang melakukan rotasi posisi adalah team yang melakukan Servis dan perputaran Posisi pemain voli ini searah dengan jarum jam. 


Artikel Terkait :

1. Sejarah Permainan Voli

2. Peraturan Permainan Voli 

3. Ukuran Lapangan Bola Voli

4. Teknik Dasar Permainan Voli

5. Teknik Dan Latihan Pasing Atas dan Pasing Bawah

6. Teknik / Cara Melakukan Smash/Spike

7. Cara Melatih Lompatan Smash 

8. Posisi-Posisi Permainan Bola Voli





Posisi Pemain Bola Voli

Posisi Pemain Bola Voli || Kumpulan-olahraga || --- Dalam Permainan Voli ada beberapa Posisi pemain yang sangat erat hubungan nya dengan tug...

Read more »

1 komentar:

 
Kumpulan Olahraga © 2013. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top