Iklan Kumpulan Olahraga

Lari Jarak Menengah
Selamat bertemu kembali Sobat Kumpulan Olahraga, pada artikel saya sebelumnya saya mengulas tentang teknik Lari jarak Pendek (Sprint), pada kesempatan kali ini saya akan sedikit mengulas Cabang Lari Nomor Lari jarak menengah.
Lari jarak menengah adalah salah satu Nomor lari dalam Olahraga atletik dengan jarak tempuh 800 m sampai 3000 m,  lari jarak menengah hampir sama dengan lari jarak pendek akan tetapi untuk jarak menengah posisi kaki yang menapak adalah bagian ujung tumit dan menolak dengan ujung kaki, berbeda dengan Lari jarak Pendek yang menggunakan Ujung Kaki untuk mendarat dan Menolak. diswamping itu Lari jarak Menengah dilakukan dengan mengatur kecepatan dikarenakan jarak tempuh nya yang jauh dan apabila pada waktu start kita langsung melakukan sprint maka kita tidak akan menang karena kehabisan Tenaga.

Teknik lari Jarak Menengah.

Teknik start yang umum nya digunakan pada Nomor lari jarak Menengah ini adalah dengan menggunakan Start Berdiri start ini sangat lah berbeda dengan teknik start Joongkok. pada start berdiri pada saat aba-aba "BERSEDIA" badan tetap dalam keadaan rileks, tenang dan berada di belakang garis start, pada aba-aba "SIAP" dilakukan dengan kaki kiri berada di depan dan kaki belakang di belakang dengan badan condong ke depan, kemudian pada saat aba-aba "Ya" dilakukan dengan berlari dengan kecepatan yang tidak terlalu cepat karena lari jarak menengah ini dibutuhkan manajeman kecepatan agar tenaga tidak terkuras habis.
Ada beberapa Teknik dalam melakukan Lari jarak Menengah ini yaitu :
Posisi saat Memasuki garis Finish
  • Pada saat melakukan Lari badan tidak terlalu condong kedepan lakukan lah layak nya seperti orang berlari pada umumnya, lari jark menengah dilakukan pendaratan langkah dengan tumit dan pada saat tolakan dilakukan dengan ujung kaki dengan diimbangi gerakan ayunan lengan untuk mengimbangi gerakan kaki, untuk gerakan tungkai kaki dari belakang tidak jarak nya tidak terlalu tinggi.
  • Teknik pada saat melawati tikungan yaitu dengan cara berlari sedeket mungkin dengan Garis lintasan sebelah kiri hal ini bertujuan agar jarak tempuh tidak menjauh dikarenakan apabila kita mengambil garis lintasan sebelah kanan otomatis jarak akan bertambah. pada saat akan melewati tikungan maka putar kedua bahu kekiri dan miringkan pula kepala ke arah kiri dan sudut lengan kanan lebih besar daripada lengan kiri.
  • teknik saat akan memasuki garis Finish adalah dengan cara berlari terus tanpa mengubah gaya berlari, langkah kaki ipercepat dan diperlebar dengan perhatian tetap tertuju pada garis finish akan tetapi hal yang karus diperhatikan adalah jangan sekali-kali menggapai/ meraih garis finish karena dan tidak boleh berhenti mendadak pada saat memasuki garis Finish. pada saat mendekati garis finish maka dada dibusungkan dan posisi tangan lurus kebelakang kemudian salah satu bagian Bahu di majukan dan kepala ditundukan.
Demikian sekilas tentang salah satu Olahraga  Atletik Nomor Lari jarak menengah, semoga bermanfaat.


 




Lari Jarak Menengah

Lari Jarak Menengah Selamat bertemu kembali Sobat Kumpulan Olahraga , pada artikel saya sebelumnya saya mengulas tentang teknik Lari jar...

Read more »

2 komentar:

  1. trims banyak infonya ya mas, salam kenal ya jangan lupa mampir
    http://bit.ly/1FTickb

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama mas, salam kenal juga Mas Purnama Terimakasih Atas Kunjungan ny

      Delete

 
Kumpulan Olahraga © 2013. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top