Iklan Kumpulan Olahraga

Olahraga Tradisional

Jenis-jenis Olahraga Tradisional --- Kumpulan-olahraga.blogspot.com || Olahraga Tradisional merupakan Olahraga yang berasal asli dari berbagai daerah di Wilayah Indonesia, Olahraga Tradisional ini memang kurang dikenal akan tetapi disebagian daerah Olahraga Tradisional ini cukup populer dan sering dimainkan. akan tetapi pada saat ini Olahraga Tradisional mulai tergerus oleh permainan permainan Modern yang menjadikan orang -orang pada zaman sekarang kurang bahkan tidak mengetahui Olahraga Tradisional.
Di indonesia terdapat beberapa Olahraga Tradisional yang saat ini masih di pertandingkan diantaranya :

1. Jenis-jenis Olahraga Tradisional ---- Pencak Silat.

Pencak Silat merupakan Olahraga Tradisional asli Indonesia, Pencak silat ini mulai dikenal sejak zaman kerajan-kerajaan karena Olahraga Pencak silat ini pada awalnya merupakan Gerakan untuk membela diri akan tetapi pada saat ini Pencak Silat ini dimasukan kedalam olahraga yang di pertandingakan di berbagai event olahraga.

 

2. Jenis-jenis Olahraga Tradisional ---- Enggrang.

Enggrang merupakan Permainan Olahraga Tradisional yang berasal dari daerah jawa, enggrang Jajangkungan (Bahasa Sunda) ini biasanya sering dimainkan oleh anak-anak karena untuk melakukan permainan Enggrang ini hanya dibutuhkan sebatang bambu yang berukuran kecil dan pembuatan nya pun relatif mudah cukup dengan menempelkan kayu pada sebatang bambu dengan ketinggian 0,5 m dari tanah. Penempelan kayu tersebut berguna sebagai pijakan kaki. Perlombaan Enggang ini sering sekali dimainkan pada acara HUT RI dan acara-acara yang bersifat kedaerahan.

 

3. Jenis-jenis Olahraga Tradisional ---- Karapan Sapi.

Karapan Sapi merupakan perlombaan Pacuan Sapi yang berasal dari daerah Madura, dalam perlombaan Karapan Sapi ini dibutuhkan dua ekor sapi yang digunakan untuk menarik kereta kayu pada lintasan yang biasanya berjarak 100 m, pada awalnya karapan sapi ini merupakan perlombaan para petani yang beradu ketangkasan dalam mengendalikan sapi ketika membajak sawah dan kemudian mulai diadakanlah perlombaan khusus karapan sapi.

 

4. Jenis-jenis Olahraga Tradisional ---- Tarik Tambang

Tarik Tambang pasti permainan yang satu ini tidak asing lagi bagi kita karena permainan ini merupakan permainan yang cukup memasyarakat, Tarik Tambang ini biasanya dipertandingkan pada berbagai acara perayaan dimulai dari HUT RI sampai dengan acara Family gathering. permainan nya pun cukup mudah karena kita cukup menyediakan tali (Tambang ijuk) yang digunakan untuk mengadu kekuatan (tarikan) dengan tim lawan.

 

5. Jenis-jenis Olahraga Tradisional ---- Bakiak

Sama Halnya dengan Tarik Tambang, Bakiak ini sering dipertandingkan pada acara perayaan-perayaan seperti HUT Kemerdekaan RI, untuk melakukan permainan Bakiak ini dibutuhkan kayu sekitar 1,5 m. Perlombaan bakiak ini dibutuhkan Kekompakan krena apabila apabila salah seorang tidak kompak dalam melangkah maka semua orang rang dalam tim tersebut akan terjatuh (kesulitan dalam melangkah).

 

6. Jenis-jenis Olahraga Tradisional ---- Galah asin / Gerobak Sodor

Galah asin merupakan Olahraga Tradisional yang mulai menghilang ditelan zaman, permainan ini dilakukan oleh 5-7 orang peserta dan membutuhkan lapangan yang luas.

 

 

7. Jenis-jenis Olahraga Tradisional ---- Phantol

Permainan Phantol ini merupakan olahraga yang berasal dari sarang Kabupaten Rembang Jawa Timur, Phantol ini pada awalnya dilakukan pada masa kerajaan Majapahit yang bertujuan untuk menentukan kesatria Terbaik dan layak untuk menjaga pelabuhan dari para pendatang (Perompak dan Penyamun) pada kala itu.

demikian lah beberapa Jenis-jenis Olahraga Tradisional yang sering di mainkan di Indonesia. semoga bermanfaat.












Referensi :

-- http://id.wikipedia.org/wiki/Olahraga





Jenis-jenis Olahraga Tradisional

Olahraga Tradisional Jenis-jenis Olahraga Tradisional --- Kumpulan-olahraga.blogspot.com || Olahraga Tradisional merupakan Olahraga yang...

Read more »

0 komentar:

Post a Comment

 
Kumpulan Olahraga © 2013. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top