Iklan Kumpulan Olahraga

Perbedaan Permainan Bola Voli Pantai dengan Bola Voli Indor |Kumpulan-Olahraga| ~ Olahraga Bola Voli merupakan olahraga yang sangat memasyarakat dan banyak sekali orang yang memainkannya, bahkan hampir setiap desa lapangan Bola Voli ini mudah sekali di temukan, hal ini mnembuktikan bahwa olahraga Bola Voli ini memang sudah menjadi salah satu olahraga yang Populer di kalangan masyarakat luas. 

Dalam melakukan Olahraga Bola Voli ini membutuhkan kekuatan tangan dan kekuatan kaki, oleh karena itu dibutuhkan latihan teknik yang baik dan benar, pada permainan Bola Voli ini terdapat dua macam cabang yaitu Cabang Olahraga Bola Voli Pantai dan Juga Bola Voli Indor, kedua jenis voli ini memiliki perbedaan yang signifikan dan mencolok dimulai dari lapangan, Jumlah pemain hingga pakaian yang dikenakan memiliki perbedaan.



Pada Kesempatan Kali ini Kumpulan Olahraga akan membahas Apa saja Perbedaan antara Bola Voli Pasir dengan Bola Voli Indor adalah sebagai berikut :

A. Perbedaan Permainan Bola Voli Pantai dengan Bola Voli Indor ~ Lapangan 

  1. Pada permainan Bola Voli Indor atau voli biasa lokasi yang digunakan untuk pertandingan menggunakan lapangan yang memiliki permukaan yang keras, Sedangkan untuk Permainan Voli Pantai pertandingan dilakukan di atas lapangan yang memiliki permukaan berupa pasir yang cukup tinggi.
  2. Lapangan yang digunakan pada Voli pantai memiliki ukuran yang lebih kecil yaitu 16 x 8 meter sedangkan untuk Permainan Bola Voli Indor / Biasa Ukuran lapangan pertandingan 18 x 9 meter 
  3. Pada lapangan Permainan Bola Voli Pantai tidak terdapat garis serang atau garis 3 meter sedangkan pada lapangan Bola Voli Biasa terdapat garis 3 Meter atau garis serang.
B. Perbedaan Permainan Bola Voli Pantai dengan Bola Voli Indor ~ Net

  1. Panjang Net Bola Voli Indor / Bola Voli Biasa memiliki ukuran 9,50 meter sedangkan pada Voli pantai ukuran net hanya 8,50 Meter.
  2. Tinggi net bola Voli Indor adalah setinggi 2,43 m untuk putra dan 2,32 meter untuk putri untuk voli pasir tinggi net sama dengan Voli Indor atau Voli Biasa
C. Perbedaan Permainan Bola Voli Pantai dengan Bola Voli Indor ~ Bola

  1. Untuk bola yang digunakan pada pertandingan Bola Vol Pantai memiliki ukuran yang relatif lebih kecil dengan tekstur yang lebih lunak serta memiliki warna yang cerah seperti merah, orange, hijau pink, putih sedangkan utnuk berat sekitar 260 - 280 gram, tekanan udara ajan sedikit lebih rtendah 171 - 221 Mlbar atau hpa 0,175 -0,225 kg/cm. Sedangkan untuk bola voli Indor memiliki ukuran yang relatif lebih besar dan terbuat dari kulit atau sintetis dengan berat bola 260 - 280 gram dengan tekanan udara 0,30 -0,325 kg/cm atau 294,3 - 318,82 Mlbar. 
D. Perbedaan Permainan Bola Voli Pantai dengan Bola Voli Indor ~ Peraturan Permainan 

  1. Dalam permainan Bola Voli pantai menyebrang ke daerah lawan melalui bawah net tidak dianggap sebagai pelanggaran selama hal tersebut tidak mengganggu tim lawan, sedangkan pada voli indor atau voli biasa menyebrang ke daerah pertahanan lawan merupakan sebuah pelanggaran dan point bertambah untuk tim lawan.
  2. Jika seorang pemainan Voli pantai melakukan Block sedangkan block tersebut membentur net hinnga terpental dan terjadi kontak dengan blocker tersebut atau pemain pasangan nya maka kontak sentuhan tersebut di hitung sebagai satu sentuhan.
  3. Pada permainan Bola Voli Pantai dikenal dengan adanya istilah Open Hand Dinks, yaitu mengarahkan atau mengoper bola ke daerah pertahanan lawan hanya dengan menggunakan ujung jari-jari pada Bola Voli Pantai cara sentuhan ini dianggap sebagai pelanggaran, sedangkan pada bola Voli Indor hal ini di perbolehkan.
  4. Pada Permainan Bola Voli Pantai servis dilakukan secara bergantian akan tetapi tidak berdasarkan Rotasi Pemain sedangkan pada permainan Bola Voli Indor atau Voli biasa servis dilakukan secara bergantian dan berdasarkan Perputaran atau rotasi pemain.
  5. Pada permainan Bola Voli Pantai pemain bebas berada di posisi manapun sedangkan pada permainan Bola Voli Indor atau Voli biasa kesalahan Posisi merupakan sebuah pelanggaran.
  6. Permainan Bola Voli Pantai dilakukan dengan 2 Winning set sehingga tim yang berhasil memenangkan selama dua set berturut-turut di nyatakan sebagai pemenang.
  7. Perpindahan lapangan dilakukan setiap jumlah point kedua tim merupakan kelipatan dari angka 7 contohnya 7, 14, 21 dst.
E. Perbedaan Permainan Bola Voli Pantai dengan Bola Voli Indor ~ Pemain 

  1. Jumlah Pemain Permainan Bola Voli Pantai hanya berjumlah 2 Orang sedangkan untuk permainan Bola Voli Indor atau Voli bias berjumlah 6 orang
  2. Pada Pertandingan Bola Voli Pasir tidak terdapat pemain cadangan sedangkan pada permainan Bola Voli Indor terdapar Beberapa pemain cadangan 
  3. Pada Permainan Bola Voli Pantai tidak diberlakukan adanya pergantian pemain sedangkan pada voli indor atau Voli biasa diberlakukan di perbolehkan adanya pergantian pemain.
  4. Pada permainan Bola voli pantai pemain tidak di perbolehkan menggunakan alas kaki sedangkan pada permainan Bola Voli indor atau voli biasa di haruskan menggunakan Sepatu standar keselamatan.
F. Perbedaan Permainan Bola Voli Pantai dengan Bola Voli Indor ~ Pelatih / Official 

  1. Pada permainan Bola Voli pantai Pelatih atau Official tidak di perkenankan berada di area lapangan pertandingan, sedangkan pada permainan bola Voli Indor atau Voli Biasa pelatih di perbolehkan berada di pinggir lapangan selama tidak melebihi garis yang telah di tetapkan.
  2. pada permainan Bola Voli Pantai pelatih tidak di perbolahekan memberikan instruksi apapun kepada pemain sedangkan pada bola voli indor pelatih bebas memberikan instruksi kepada pemain
Demikian lah beberapa perbedaan Permainan Bola Voli Pantai dengan Bola Voli Indor atau Voli biasa semoga bermanfaat bagi sobat yang sedang memperdalam ilmu tentang Bola Voli ini, mohon maaf apabila ada kesalahan penulisan ataupun kesalahan dalam artikel yang saya tuliskan. kritik dan saran sangat kami perlukan untuk kemajuan Blog Kumpulan olahraga ini. terimakasih.

Artikel terkait Bola Voli :

 






Perbedaan Permainan Bola Voli Pantai dengan Bola Voli Indor

Perbedaan Permainan Bola Voli Pantai dengan Bola Voli Indor | Kumpulan-Olahraga | ~ Olahraga Bola Voli merupakan olahraga yang sangat mem...

Read more »

0 komentar:

Post a Comment

 
Kumpulan Olahraga © 2013. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top