Iklan Kumpulan Olahraga

Olahraga merupakan Aktivitas fisik yang berguna untuk menjaga kebugaran tubuh, dengan olahraga yang teratur akan menjadikan tubuh  bugar dan sehat serta tahan terhadap serangan berbagai macam penyakit. untuk kenyamanan dalam melakukan aktivitas olahraga diperlukan perlengkapan-perlengkapan pendukung diantaranya Sepatu Olahraga, Baju, lapangan dan perlengkapan lain nya.
pada kesempatan kali ini Kumpulan Olahraga akan mengulas tentang Cara memilih Sepatu olahraga yang baik kita langsung ke TKP..............

Tips Memilih Sepatu Olahraga.

Sepatu Olahraga merupakan bagian yang paling penting dalam melakukan Aktivitas Olahraga, karena jika kita salah menggunakan sepatu dalam suatu aktivitas olahraga maka gerakan/Aktivitas yang kita lakukan maksimal dan tidak nyaman bisa saja jika kita menggunakan sepatu yang keras maka akan menghambat gerakan kita dan dapat melukai kaki kita seperti terjadinya luka lecet pada kaki, Rasa sakit pada bagian Betis (Shin Splint), rasa sakit pada bagian tendon Achilles di bagian belakang kaki, (Achilles Tendonitis), nyeri lutut, nyeri punggung, atau bahkan dapat mengakibatkan cedera yang fatal.
Olahraga adalah suatu kegiatan yang dilakukan secara rutin yang biasanya dilakukan sebanyak 3 kali dalam seminggu, sehingga Aktivitas olahraga ini memerlukan sepatu khusus agar tidak terjadi hal-hal yang yang saya sebutkan diatas. Ada beberapa kategori sepatu yaitu sepatu untuk berjalan, Lari dan sepatu untuk Olahraga lapangan, selain itu ada juga sepatu khusus untuk melakukan olahraga Outdor lainnya seperti Sepakbola, Volly, Tenis Lapangan, dan lainlain.
Berikut ini adalah beberapa contoh sepatu yang umum di gunakan diantaranya :

1. Tips Memilih Sepatu Olahraga --- Sepatu Untuk Lari (Runing Shoes)

Sepatu Jenis Running ini memiliki fleksibelitas yang tinggi sehingga dapat mendukung kaki ketika menekuk tiap kali penggunanya melangkah atau melakukan lari, sepatu ini  sangat nyaman bila di gunakan untuk lari, joging, atau olahraga santai, akan tetapi jenis sepatu ini kurang cocok apabila digunakan pada olahraga lapangan, karena pada olahraga lapangan seperti Volly, Tenis Lapangan Basket dsb. membutuhkan gerakan ke samping, sehingga gerakan tersebut dapat merusak bagian samping sepatu karena sepatu jenis ini memiliki sol yang fleksibel yang terbuat dari karet.

Runing Shoes

2. Tips Memilih Sepatu Olahraga --- Sepatu Aerobik

Sepatu Jenis Aerobik ini hampir sama dengan sepatu untuk Running yang memiliki fleksibelitas yang tinggi akan tetapi pada sepatu jenis Aerobik ini memiliki bantalan (alas sepatu yang empuk) yang mampu menopang tubuh dengan sempurna, hal ini bertujuan agar meminimalisir benturan pada telapak kaki khusus nya pada bagian tumit.

Aerobik Shoes

3. Tips Memilih Sepatu Olahraga ---Sepatu Tenis dan Squash

Pada Olahraga yang menggunakan Raket atau olahraga yang memiliki Intensitas gerakan yang tinggi seperti Tenis Lapangan, Squash, Bulu tangkis sebaiknya sobat menggunakan sepatu yang memiliki kekuatan dan mendukung untuk melakukan gerakan ke samping, akan tetapi pada jenis sepatu tenis ini memiliki bobot yang lebih berat di bandingkan dengan sepatu Runing atau aerobik dan sepatu jenis ini relatif lebih kaku.

Tenis Shoes

4. Tips Memilih Sepatu Olahraga --- Sepatu Basket dan Olahraga Jaring lainnya

Untuk mendapatkan manfaat maksimal dalam permainan Bola Basket diperlukan sepatu yang memiliki kekuatan untuk bergerak ke samping dan juga fleksibelitas pada sepatu basket biasanya tinggi sepatu mencapai mata kaki hal ini bertujuan agar dapat meminimalisai terjadinya cedera engkle, karena engkle tertopang oleh sepatu.

Basket Ball Shoes

5. Tips Memilih Sepatu Olahraga --- Sepatu Cross Trainers

Sepatu ini memiliki fungsi sekaligus hal ini guna memanfaat kan lebih dari satu aktivitas, sehingga sepatu ini meiliki fleksibelitas pada bagian depan dan memungkinkan melakukan gerakan yang lebih luwes baik gerakan seperti Aerobik atau Tenis.

Cross Trainer Shoes


Setelah kita mengetahui Jenis-jenis Sepatu, di bawah ini ada sedikit tips ketika anda hendak membeli sepatu adalah sebagai berikut :
  1. Pilih lah toko khusus menjual perlengkapan Olahraga, disana anda jangan malu bertanya. Jika anda hendak membeli sepatu untuk Olahraga Lari maka tanyakanlah kepada staff toko tersebut mana Sepatu Olahraga khusus untuk Lari.
  2. Pilih lah Sepatu Olahraga yang nyaman sejak pertama kali digunakan, jangan sekali-kali beranggapan sepatu akan nyaman setelah beberapa kali digunakan.
  3. Ketika membeli sepatu usahakan sepatu yang kita beli itu jangan terlalu pas dengan ukuran kaki, lebih kan lah bagian depan 0,5-1 cm karena kaki akan berubah ke ukuran maksimal  ketika tubuh kita telah melakukan aktifitas.
  4. Bagian tumit dengan sepatu melekat pas dan kuat, jangan lah pilih sepatu yang longgar pada bagian tumit.
Rata-rata untuk ukuran Sepatu Olahraga yang sering digunakan memiliki masa pakai yaitu sekitar 300 jam atau sekitar 480-800 km, ketika telah mencapai ukuran tersebut maka bagian bawah sepatu sobat akan mengalami perubahan dan mengalami penurunan kualitas baik itu bagian bawah menjadi padat dan keras atau bisa juga habis.
sooo.... jangan terlalu sayang dengan sepatu, jika anda rutin berolahraga maka alangkah baik nya sobat untuk memperhatikan ketahanan sepatu yang sobat pakai, untuk mendapatkan sepatu dengan kualitas baik tidak perlu mahal, saat ini sudah banyak beredar sepatu sepatu murah dengan kualitas yang tidak kalah dengan sepatu mahal.
Demikian lah sedikit tips untuk memilih Sepatu Olahraga semoga bermanfaat, jika sobat ingin menambahkan Tips memilih sepatu silahkan post di kolom Komentar ya.




Tips Memilih Sepatu Olahraga

Olahraga merupakan Aktivitas fisik yang berguna untuk menjaga kebugaran tubuh, dengan olahraga yang teratur akan menjadikan tubuh  bugar d...

Read more »

0 komentar:

Post a Comment

 
Kumpulan Olahraga © 2013. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top