Iklan Kumpulan Olahraga

Teknik Cara Melakukan Sikap Lilin yang Baik dan Benar |Kumpulan Olahraga| ~ Sikap Lilin merupakan salah satu gerakan yang terdapat pada Olahraga Senam Lantai, pasti sobat Kumpulan Olahraga telah mengenal gerakan Sikap Lilin ini karena Senam Lantai khusus nya gerakan sikap lilin ini telah masuk kedalam mata pelajaran Penjaskes di sekolah-sekolah separti SD, SMP, dan SMA bahkan di Universitas untuk sobat yang masuk ke Jurusan Olahraga. Sikap lilin ini merupakan sebuah gerakan yang menyerupai lilin yaitu dengan cara mengangkat bagian kaki hingga pundak ke atas sehingga menyerupai sebuah lilin yang berdiri, pasti sobat semua pernah melakukan sikap lilin ini akan tetapi sebagian besar masyarakat banyak yang belum mengetahui bagaimana cara melakukan gerakan Sikap Lilin yang baik dan benar.

Teknik Cara Melakukan Sikap Lilin yang Baik dan Benar ~ Untuk pemula melakukan sikap lilin ini harus terlebih dahulu di dampingi oleh guru atau orang yang mahir melakukan sikap lilin ini karena meskipun terlihat mudah sikap lilin ini dibutuhkan kekuatan Otot-otot seperti otot perut, tangan dan otot-otot lainnya, sehingga apabila tidak di dampingi oleh orang yang mahir sikap lilin di khawatirkan akan terjadi cedera.


Sebelumnya Kumpulan Olahraga telah membahas tentang salah satu gerakan senam lantai lainnya yaitu Roll Depan untuk Teknik Cara Melakukan Rol Depan tersebut dapat sobat baca DISINI.

Teknik Cara Melakukan Sikap Lilin yang Baik dan Benar ~ Pada kesempatan kali ini Kumpulan Olahraga akan membahas tentang salah satu gerakan Senam lantai lainnya yaitu Sikap lilin, Untuk melakukan sikap lilin harius dilakukan dengan posisi tidur telentang dengan kedua kaki diangkat lurus ke atas bersama-sama dengan pinggang dengan ditopang oleh bagian tangan yang disimpan pada bagian Pinggang , untuk melakukan sikap Lilin ini ada dua cara yaitu cara Jongkok dan Cara Telentang  Teknik Cara Melakukan Sikap Lilin tersebut adalah sebagai berikut :

1. Teknik Cara Melakukan Sikap Lilin Yang Baik dan Benar ~ Posisi Awalan Telentang


Teknik Cara melakukan Sikap Lilin dengan dimulai dari posisi Telentang ini biasanya dilakukan oleh pemula yang baru pertama kali melakukan sikap lilin, berikut ini merupakan tahapan-tahapan dalam melakukan seikap Lilin dari posisi Telentang a
dalah sebagai berikut :
  1.  Pertama-tama Cara melakukan Sikap Lilin dilakukan dengan posisi badan tidur telentang diatas matras, dengan tangan di letakan di bagian sisi dekat pinggang.
  2. Kaki dirapatkan, hal ini bertujuan agar pada saat diangkat ke atas posisi badan seimbang.
  3. Kemudian bagian kaki diangkat dengan tangan bertumpu pada matras.
  4. Setelah itu tolakan badan dan kaki ke atas dengan di bantu dengan tolakan kedua tangan dan di simpan pada bagian pinggul, sikut di gunakan sebagai penopang dari tubuh agar tetap seimbang ketika melakukan Sikap lilin ini.
  5. Luruskan Bagian pergelangan kaki hingga menyerupai sebuah lilin yang sedang berdiri.
  6. Gerakan terakhir yaitu cara mendarat, kaki harus tetap dalam keadaan rapat dengan gerakan pinggul di dorong kedepan lalu di ikuti dengan bagian badan.

2. Teknik cara Melakukan Sikap Lilin Yang Baik dan Benar ~ Posisi Awalan Jongkok 

Teknik Cara Melakukan Sikap Lilin dengan awalan Jongkok ini relatif lebih sulit karena dibutuhkan keseimbangan dan kekuatan otot perut, berikut ini merupakan tahapan-tahapan dalam melakukan Sikap lilin dengan awalan Jongkok adalah sebagai berikut :

  1. Untuk Cara Melakukan Gerakan Senam Lantai Sikap Lilin dengan awalan Jongkok Pertama-tama posisi badan dalam keadaan jongkok dengan kedua tangan di sisi badan. 
  2. Dalam awalan sikap harus benar dan diwajibkan sudah melakukan sesi pemanasan. 
  3. Kemudian gulingkan badan ke arah belakang dengan kedua tungkai kaki lurus dan telapak tangan bertumpu di lantai sebelah telinga. 
  4. Kemudian gulingkan lagi ke arah depan bersama dengan tolakan tungkai kaki ke atas depan dengan dibantu tolakan kedua tangan sehingga badan sempat melengkung seperti busur. Cara Melakukan Gerakan Senam Lantai Sikap Lilin ini harus memperhatikan kelenturan tubuh dengan baik. 
  5. Gerakan terakhir adalah cara mendarat dimana kedua kaki dalam posisi rapat dengan bantuan gerakan pinggul didorong kedepan lalu diikuti dengan gerakan badan.    
Untuk pemula yang pertama kali melakukan gerakan Sikap lilin ini sebaiknya dibantu oleh guru atau orang yang telah paham tentang gerakan sikap lilin ini, yang paling mudah dalam memmbantu teman sobat adalah dengan membantu mengangkat bagian kaki dan meluruskan dan menahan nya ke atas.

Demikian lah pembahasan tentang Teknik cara melakukan Sikap Lilin yang baik dan benar, semoga bermanfaat. bagi sobat yang ingin memperdalam ilmu tentang senam lantai dapat sobat baca DISINI  .


Artikel Terkait Senam :
1. Sejarah Senam
2. Senam Lantai.
3. Macam-macam Aliran Senam Irama
4. Macam-macam Senam Irama
5. Pengertian Senam Aerobik

6. Teknik Cara Melakukan Sikap Kayang Yang benar

 




Teknik Cara Melakukan Sikap Lilin Yang Baik dan Benar

Teknik Cara Melakukan Sikap Lilin yang Baik dan Benar | Kumpulan Olahraga | ~ Sikap Lilin merupakan salah satu gerakan yang terdapat pada ...

Read more »

2 komentar:

  1. Artikel yang sunguh sangat sangat menarik untuk jadi bahan acuan dalam berlatih dan belajar...
    kami juga membahas hal yang serupa yang bisa di jadikan sumberlainnya cara melakukan sikap lilin semoga bisa bermanfaat...

    ReplyDelete

 
Kumpulan Olahraga © 2013. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top